Beranda > BERANDA > GUSTI ALLOH ORA SARE

GUSTI ALLOH ORA SARE

Yu Tinah kami kenal karena kami sering ketemu ditaman . Dia telah sembilan tahun meninggalkan kampong halaman dan keluarganya untuk memperbaiki nasibnya di negeri ini(Singapore).

Dia akan segera menghampiri keluarga kami kalau kami berada ditaman kemudian  akan bicara dengan gaya jawa Tegal yang medok dengan isteri saya atau bicara Singlis(Singapore English) dengan cucu-cucu saya.Kalau dia  bercerita tentang hal hal  yang lucu-lucu dia malah lebih dulu tertawa ketika ceritanya disampaikan Tertawanya itulah yang membuat kami tertawa, sedang ceritanya tdk pernah kami mengerti. Kadang kadang kami larut dengan perasaannya setiap kali dia menceritakan anak2 dan keluarganya dikampung. Betapa sulitnya hidup dikampungnya. Untuk minum saja dia harus antri mendapatkan air bersih. Melihat anak anaknya yang rajin sholat subuh dan kemudian belajar dipagi hari , kemudian penuh semangat bersekolah dengan bertelanjang kaki, perasaan keibuannya tidak dapat membiarkan buah hatinya, berjoang sendirian menghadapi kehidupan. Suaminya sudah mencoba berkali kali untuk  mencari pekerjaan ,tetapi betapa sulitnya mencari pekerjaan dinegeri yang kaya ini. Akhirnya dia memutuskan , dialah yang harus mencari pekerjaan dinegeri Singapore.

Tidak setiap tahun dia pulang kampong karena dana yang dia kumpulkan sangat diperlukan untuk biaya keluarga dan sekolah anak2nya.Sembilan tahun berjoang dinegeri orang demi cita cita yang besar. Tiap sen dia kumpulkan dengan penuh kehati hatian. Tiap Senin dan Kamis dia puasa

Ketika tahun lalu kita bertemu, hampir setiap saat dia menceritakan tentang anak tertuanya yang sudah hampir menyelesaikan sarjananya. Dan setiap  selesai bercerita dia tidak pernah lupa mengucap puji syukur yang dalam kepada Allah. Sambil mengulangi kata-kata bijak dari orang-orang tua dikampungnya ….”Gusti Alloh ora sare”.Kamipun tanpa ada komando serentak mengucap Amiiiiiiiiiiiin. Ada harapan besar  yang tidak pernah dia ceritakan kepada kami, dan kamipun tidak pernah mengusiknya.

Dan  hari ini,hari Minggu, setelah delapan bulan kami tidak ke Singapore ketika kami sekeluarga ke taman yu Tinah  tidak datang menghampiri kami dan terasa ada yang kurang dalam suasana  di taman. Maka kamipun mencarinya.Ternyata yu Tinah sudah tiga bulan yang lalu  pulang ke tanah air dan tidak akan kembali lagi ke Singapore. Ya yu Tinah tidak akan kembali ke Singapore dia akan ke Amerika. Bukan untuk menjadi TKW ( Tenaga Kerja Wanita) di Amerika  tetapi untuk menyertai putranya yang mendapat bea siswa mengambil S2.

Duh   Gusti Alloh  ora Sare( Duhai Alloh Yang Rachman Paduka tidak akan pernah melupakan hambamu yang mohon pertolongan)

Yu Tinah sudah tidak bersama teman2nya ditaman lagi ,juga tidak bersama saya lagi, tetapi auranya tetap menyertai kami dan  kawan2nya. Memotivasi teman-temannya tanpa theori motivasi. Membangkitkan semangat kami tanpa kami sempat berterima kasih kepadanya. Kami percaya pada  tahun tahun  yang akan datang akan banyak Yu Tinah  yu tinah lainnya karena semangatnya telah merasuk ke jiwa jiwa temannya. Selamat jalan Yu Tinah dan ingat GUSTI ALLOH ORA SARE

(Orang-orang seperti yu Tinah itulah yang di Singapore dikenal dengan study mama. Dan sejak beberapa tahun yang lalu meramaikan dunia pendidikan di Singapore.Kalau yu Tinah melakukan dengan diam-diam dan doa, tidak demikian dengan rekan-rekannya dari daratan China(Main Land),mereka datang  dalam kelompok kemudian menyewa apartemen bersama-sama. Mereka bekerja  apa saja ,dan biasanya setelah satu tahun  mendatangkan putra atau putri untuk bersekolah di Singapore. Trend itu saat ini juga mulai diikuti oleh ibu dari Korea dan Jepang. Mereka melakukan terobosan untuk mendapatkan pendidikan yang baik  bagi putra-putrinya.Karena Singapore merupakan  tempat pendidikan   berbahasa Inggris yang murah.

Barangkali Semangat untuk mendidik putra putrinya setinggi mungkin itulah salah satu pilar yang menyebabkan negara2 itu sangat maju. Bukankah Rasullah telah menuturkan,betapa pentingnya peranan ibu bagi generasi yang akan datang.)

Kategori:BERANDA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: