Doa di waktu subuh itu

 

Subuh di Masjidil Harram di kota suci Mecca

Subuh di Masjidil Harram di kota suci Mecca

DOA  DI WAKTU SUBUH ITU

 

 

(Dari radio media corp  Singapore)

 

Subuh, ketika langit begitu biru dan bintang diatas sana  gemerlapan dan bulan dengan sangat santun, muncul hari demi hari berkembang setahap demi setahap , membesar menunjukan perjalanannya sampai mencapai purnama , dan surut hari demi hari setahap demi setahap,hilang dilangit biru, alangkah indahnya waktu subuh itu.

Sholat Subuh  selalu membawa mystery tersendiri apalagi ketika sholat di desa tempat tinggal orang tua saya.

             Hawa  sejuk  dan udara pedesaan yang  bersih membuat badan terasa segar serasa alam memeluk saya dengan kemesraan ibu memeluk bayinya. Dan puji pujian dari mesjid itu, yang mengalun sendu, membawa berita tentang Rabiah Al Adawiyah sufi perempuan yang  mashur itu  yang takut akan neraka tetapi tidak pantas masuk surga.

              Duhai  nurani jangan kau cegah air mataku mengalir  ……….. biarlah mengalir , menutup mulutku, membungkam perasaanku. …..  yang membawa rahasia pikiranku , dan menundukkan kalbuku.Pada saat itupun aku tenggelam pada masa kecilku , bersama ayah yang gemar sekali sembahyang subuh, kemudian membawaku  kesawah, kadang kadang digendong ,kadang kadang dipanggul diatas pundaknya .Melewati pematang pematang sawah, mendengar gemericik air disungai dan mendengar kicau burung menyanyi gembira , menyambut  matahari pagi.

              Dan ketika subuh selesai, sinar matahari yang terbit ditimur itu , dan terhalang gunung yang menjulang tinggi….semburat warnamu, rasanya kudengar berita dari ayahku :

“ Anakku, jika kamu bangun sebelum subuh, maka subuh terasa sudah siang, tetapi kalau kamu bangun sesudah subuh, subuh masih gelap…kamu mau berada dimana,itulahpilihan”.

Saya memilih berada sebelum subuh seperti ayah., oleh karena itulah kudengar doa ini  dari radio Media Corp di Singapore. Begini bunyinya :

“ Allohumma afini fi badani , allohumma afini fi samm.i ,allohumma afini fi bashori ”

              Doa ini amat singkat sehingga saya  bisa menghafalnya,. Tetapi karena terlalu cepat dihapalkan  maka secepat itu pula pikiran mengkritisi dan ingin tahukupun,mulai meledak ledak….mengapa samm I (Pendengaran, telinga), dan bashori ( penglihatan, mata) dipisahkan dari badani (badan ,raga,)

              Bukankah kalau sudah badan, itu juga mencakup mata, telinga dan lain2…….Sering hal isaya  tanyakan kepada ustadz , banyak juga manfaat dari penjelasan  penjelasannya. Tetapi saya selalu ingin tahu lebih jauh, dan sampailah saya  baca buku Tony Buzan , Mind Map . Dan dari buku itu saya  mendapatkan Yustifikasi  untuk doa yg sederhana ini…..jika salah mohon diluruskan .

               Saudaraku ada yang hebat diotak kita, menurut Tony Buzan otak kita  yang menyimpan satu juta sel syaraf otak itu, mempunyai  kemampuan MENGHILANGKAN . DAN MENGINGAT (MENYIMPAN) YANG LUAR BIASA.

 Kemampuan itu ternyata sangat dipengaruhi, oleh peristiwa atau kejadian yang bersentuhan dengan badan, pandangan dan pendengaran kita. Jika kejadian atau peristiwa  atau pembicaraan itu  berlangsung berulang ulang atau berkali kali  maka  badan kita, pandangan kita ,pendengaran kita, maka akan menangkapnya dan menyimpan dalam otak kita, yang kemudian sangat  menentukan PERSEPSI,PANDANGAN  MITHOS yang sangat berpengaruh  pada kehidupan kita.

Dan ini yang sangat luar biasa, ternyata kita mempunyai kemampuan mengingat  untuk hal yang negatip dan kemampuan menyerap hal yang negatip ini mencapai 75 %. Penelitian di Amerika membuktikan banyak penyakit yang diderita oleh orang Amerika , 70% dipengaruhi oleh persepsi negatip  mereka.

Alangkah  heibatnya doa yang sederhana itu……

Allohumma afini fi badani, allohumma afini fi samm i. allohumma afini  fi bashori

dengan doa tersebut kita memohon agar hal yang negatip dapat dijauhkan dari hidup kita.

Saya yakin para ulama di Negara Singapore itu,menyadari betapa pentingnya doa tersebut bagi kaum muslimin di Singapore, negeri dimana bekerja tangguh ,berpikir optimal menjadi keharusan.

 Lihatlah anak sekolah harus sampai disekolah pukul 5.45 pagi waktu Indonesia( Di Singapore pukul 6.45), kemudian membaca 15 menit ,baru masuk sekolah pukul 6 pagi. Ketika pulang sekolah , pekerjaan rumah yang dikirim melalui internet telah menunggu, kemudian masih harus mengikuti bimbingan belajar untuk mengejar nilai terbaik.

Ibu ibu yang bekerja (karir) harus melepaskan karirnya, untuk mendampingi putra putrinya, memaksimalkan potensinya.

              Dan bagi saudaraku di Indonesia berbahagialah mereka yang melafazkan doa itu, , sehingga terhindar dari pikiran negatip. Dan jika kita belum melafazkan doa itu  kita masih beruntung dapat melakukan wudhu setiap akan sembahyang karena  wudhu juga memiliki kekuatan untuk mensucikan anggota badan,pandangan kita, pendengaran  kita..

Mudah mudahan kita menyadari hal itu sekarang

Amiiiiiiiiin

  1. Maret 23, 2010 pukul 9:40 pm

    Asslmwrwb. Alhamdulillah akhi telah menyebarkan do’a ini semoga rakyat Indonesia yg mayoritas muslim dpt mengamalkannya, amin

    • Maret 28, 2010 pukul 12:49 pm

      Alhamdulillah dan tks atas dukungannya.

  2. sofyan
    Juni 29, 2010 pukul 10:15 pm

    Mohon ijin share di facebook ya!!!!

    • Juli 10, 2010 pukul 2:24 am

      Alhamdulillah. Semoga bermanfaat

  3. Oktober 15, 2011 pukul 9:32 pm

    Alhamdulillah dpt ilmu baru …syukron

  4. andri
    Januari 19, 2013 pukul 10:19 pm

    alhamdulilah sempt membaca doa ini, makasih buat orang yang postingnya

    • Februari 3, 2013 pukul 12:19 am

      Terima kasih sekali. Semoga bermanfaat

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: